Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 09 Juli 2014

Sekilas Tentang Universitas Muhammadiyah Malang

Sebelumnya sudah pernah tau UMM? Sudah? Tapi  ndak tertarik karena Universitas swasta? Eits… Jangan negatif thinking dulu, belum pasti semua yang swasta itu nggak berkualiatas. Contohnya Universitas Muhammadiyah Malang ini. Dia swasta namun dapat bersaing dengan jajaran Universitas Negeri maupun swasta yang ternama. Saya bicara kayak gini bukan karna saya MABA UMM. Namun memang kenyataannya seperti itu. Tapi yang saya rasakan selama jadi mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang ini, saya merasa kami para MABA benar-benar dipersiapkan untuk menjalani kehidupan kampus yang sangat jauh beda dengan dunia SMA. UMM mengadakan P2KK (Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan) yang tujuannya membentuk pola pikir, sikap, dan perilaku mahasiswa baru sesuai dengan nilai-nilai pearguruan tinggi serta sesuai dengan syari’ah islam. Melihat pergaulan sekarang yang semakin menjadi-jadi program seperti itu sangat dibutuhkan untuk mahasiswa baru yang awam tentang dunia perkuliahan. Ada juga Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi yang berjalan seminggu. Dalam pelatihan tersebut kami diberikan bekal untuk menggunakan semua fasilitas yang telah disediakan oleh kampus. Begitupun juga pelatihan Perpustakaan dan lain-lain. Dari semua pelatihan-pelatihan ini saya berfikir bahwa UMM sangat peduli dengan semua mahasiswanya dan semua bekal itu Insya Allah bermanfaat untuk kedepannya baik dalam dunia perkuliahan, pekerjaan dan dunia kehidupan.
Ada beberapa alasan mengapa UMM pantas menjadi kampus favorit:
Pertama, pengakuan akreditasi baik institusi maupun program studi. Saat ini UMM menyandang nilai A untuk akreditasi institusi dari BAN-PT. Sedngkan semua prodi, kecuali yang baru dibuka, semua terakreditasi, sebagian besar A, sebagian lainnya B dan sedikit yang C. Akreditasi adalah ukuran standar, untuk PTN dan PTS, jadi dapat dijadikan rujukan kualitas sebuah perguruan tinggi.
Selain itu, UMM juga memperoleh pengakuan Bintang Dua dari QS Stars University Ranking dari sebuah lembaga pemeringkatan internasional bermarkas di London. Hal ini diperkuat juga dengan pengakuan Kopertis VII yang menempatkan UMM sebagai universitas paling unggul sejak tahun 2008 hingga 2013 sehingga memperoleh Anugerah Kampus Unggul (AKU) Kartika.
Kedua, UMM adalah kampus multikultural, memiliki mahasiswa yang sangat beragam, baik dari dalam maupun luar negeri. Hampir seluruh daerah di Indonesia dan 22 negara ada di sini. Ini membuat mahasiswa dapat bertukar budaya secara baik dalam membentuk karakteristik dan pergaulan global.
Ketiga, kampus UMM memiliki suasana yang sejuk dengan panorama yang sangat indah. Letaknya dikelilingi pegunungan dan dibelah sungai Brantas membuat kampus ini nampak sangat elok. Suasana ini ditunjang dengan bentuk lanscape bangunan yang tertata, membuat suasana belajar dan diskusi sangat kondusif. Apalagi, di area kampus diberlakukan area bebas asap kendaraan bermotor dan rokok. Sebaliknya kampus menyediakan ratusan sepeda pancal untuk mobilitas di dalam kampus.
Keempat, kuliah di UMM dapat menikmati fasilitas jauh lebih besar daripada jumlah yang dibayarkan. Fasilitasnya lengkap, namun tidak harus membayar mahal. Walau kampus swasta, uang kuliah di UMM dapat ditekan karena telah berhasil mengembangkan unit bisnis yang dapat mensubsidi biaya mahasiswa. Selain itu unit bisnis tersebut dapat menjadi laboratorium bisnis dan iklim kewirausahaan yang kondusif yang dikelola dengan penuh amanah.
Kelima, UMM selalu membuat inovasi baru, selalu ada yang baru dan tidak mudah ditiru kampus lain. Inovasi tersebut memacu iklim kompetisi di kalangan mahasiswa dan dosen, dan menjadikan motivasi belajar dan aktivitas di sini dipacu untuk menjadi yang terbaik. Meski demikian, toleransi dan rasa humanis tetap terjaga dengan baik karena UMM memiliki aturan yang tegas bagi siapa saja yang melanggar aturan, serta reward yang cukup baik bagi siapa saja yang berprestasi.
 Tentu saja masih banyak alasan lainnya. Tetapi lima alasan itulah yang paling banyak ditemukan baik dari pendapat alumni, mahasiswa maupun calon mahasiswa.

http://www.umm.ac.id/id/umm-news-4055-ini-lima-alasan-memilih-umm.html



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar